Mewujudkan Masyarakat Nagari Pauah Kamba Yang Religius dan Smart Terkait informasi seputar Nagari Pauah Kamba di wa 087793401450 Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari puskesmas pauah kamba dikantor nagari setiap hari sampai akhir bulan september 2023 Wirid bulanan hari ini di Masjid Jihad kabun Pauah Kamba pukul 08:00 wib

Artikel

Pauh Kambar Wakili Daerah, Ikuti Lomba UP2K Tingkat Sumbar

05 Maret 2020 10:47:11  Nagari Pauh Kambar  373 Kali Dibaca  Berita Desa

Nagari Pauh Kambar, Kecamatan Nan Sabaris terpilih mewakili Kabupaten Padang Pariaman pada lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga UP2K tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Kepastian itu diketahui dari pengakuan Walinagari Pauah Kamba, M. Nur, kemarin. “Harapan kita tentunya bagaimana menjadi terbaik di tingkat Provinsi. Bahkan hingga tingkat Nasional. Untuk iktu tentunya kita harus lebih optimal dalam mempersiapkan diri,” terang mantan Ketua Forum Walinagari Kabupaten Padangpariaman ini.

Lebih jauh M Nur menambahkan, terpilihnya Nagari Pauah Kamba mengikuti lomba UP2K tingkat Provinsi Sumatera Barat tentunya tidak terlepas dari keberhasilan berbagai program yang dilakukan oleh jajaran pemerintahan Nagari Pauah Kamba sebelumnya. Salah satunya, aktifnya Nagari Pauah Kamba menggelar beragam jenis pelatihan bagi anak nagari, dengan tujuan untuk lebih memperdayakan ekonomi masyarakat di daerah ini.

“Salah satunya seperti pelatihan menjahit yang kita gelar baru-baru ini. Bahkan, mesin jahitnya juga sengaja kita beli melalui anggaran nagari, sehingga nantinya para peserta yang telah selesai mengikuti program pelatihan bisa langsung action . Baik itu membuka usaha sendiri atau secara berkelompok. Dengan begitu ke depannya juga akan berdampak terhadap penambahan pendapatan ekonomi keluarga mereka,” terangnya.

Diakuinya, hal utama yang menjadi persoalan di nagari adalah terbatasnya sumber pendapatan untuk bisa menambah penghasilan keluarga. Untuk itulah pihaknya dari pemerintahan nagari akhirnya berinisiatif menggelar beragam jenis pelatihan, dengan maksud dan tujuan agar ekonomi masyarakat bisa lebih berdaya atau mengalami peningkatan dibanding sebelumnya. “Karena kalau ekonomi masyarakat telah sejahtera, maka tentunya apa pun yang akan kita lakukan akan lebih mudah. Karena bagaimana pun faktor ekonomi merupakan penentu segala-galanya,” terangnya

Di pihak lain, Ketua Tim Penggerak PKK, Kabupaten Padangpariaman, Ny. Hj.  Rena Sofia Ali Mukhni mengaku sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan jajaran pemerintahan nagari Pauah Kamba. Khususnya dalam memberdayakan kaum perempuan yang ada di nagari tersebut, dengan membekali nya beragam ketermpilan menjahit. Bahkan nagari Pauh Kambar juga membeli secara khusus puluhan mesin jahit untuk menunjang program pemberdayaan tersebut.

“Alhamdulillah itukan merupakan sebuah terobosan penting yang sangat bagus sekali dalam rangka memberdayakan anak nagari, khususnya kaum perempuan yang ada di nagari tersebut. Lagi pula sesuai dengan regulasi yang ada, saat inikan nagari sudah dibenarkan untuk memanfaatkan dana nagari dalam jumlah cukup besar untuk memberdayakan ibu-ibu PKK yang ada di nagari-nagari. Tinggal lagi, bagaimana walinagari bisa menyikapinya sekaligus mengalokasikannya sesuai dengan kebutuhan yang ada,” terangnya.

Lebih jauh Rena Ali Mukhni menambahkan, pada dasarnya banyak hal yang bisa dilakukan oleh jajaran pemerintahan nagari untuk memberdayakan kaum perempuan yang ada, sehingga dengan begitu mereka juga diharapkan bisa memberikan sumbangsih tertentu untuk menambah penghasireka.
“Harapan kita ke depannya tentu, program seperti ini bisa diiikuti oleh nagari-nagari lainnya, sehingga dengan begitu kiprah dan keberadaan kaum perempuan bisa semakin berdaya untuk ke depannya,” imbuhnya.

Di pihak lain, Nagari Pauah Kamba Senin kemarin juga berhasil mencatat sejarah penting, yaitu dengan keberhasilan nagari ini sebagai nagari pertama yang memasukkan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Nagari ke Dinas Pemberdayaan Pemerintahan Nagari Kabupaten Padangpariaman. “Alhamdulillah akhirnya kita bisa menjadi yang tercepat memasukkan APB nagari pada tahun ini. Semua pencapaian ini tentunya tidak terlepas dari kebersamaan kerja keras dan dukungan penuh perangkat nagari yang ada di Nagari Pauah Kamba, Terang M . Nur lega.

Editor : NPK-News

Unduh Lampiran:
Surat Keputusan Pengukuhan PKK Nagari

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 21.961 Kali
Profil Desa
07 November 2014 | 21.763 Kali
Pemerintahan Nagari
24 Agustus 2016 | 21.746 Kali
Data Desa
25 April 2019 | 21.738 Kali
Pemerintah Nagari Pauh Kambar
29 Juli 2013 | 21.730 Kali
Kontak Kami
29 Juli 2013 | 21.639 Kali
Lembaga Kemasyarakatan Nagari
20 April 2014 | 21.632 Kali
Peraturan Desa

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Nagari

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Lintas Lubuk Alung - Pariaman Km. 10 Padang Pariaman
Nagari : Pauah Kamba
Kecamatan : Nan Sabaris
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25571
Telepon : 087794301450
Email : nagaripauhkambar01@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:149
    Kemarin:261
    Total Pengunjung:203.975
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0