Mewujudkan Masyarakat Nagari Pauah Kamba Yang Religius dan Smart Terkait informasi seputar Nagari Pauah Kamba di Whatsapp 0877-5180-0630 -- selengkapnya... Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari puskesmas pauah kamba dikantor nagari setiap hari sampai akhir bulan september 2023 Wirid bulanan hari ini di Masjid Jihad kabun Pauah Kamba pukul 08:00 wib

Artikel

Remaja di Nagari Pauh Kambar Antusias Ikut Pesantren Kilat

10 Mei 2019 12:20:54  Nagari Pauh Kambar  368 Kali Dibaca  Berita Desa

      

Para remaja di Nagari Pauh Kambar antusias mengikuti pesantren kilat dalam mengisi aktivitas ramadhan. Aktivitas pesantren kilat dilaksanakan di Masjid Jihad Kabun dan Surau Baru Pinang Pauh Kambar.

Wali Nagari, M. Nur, S. Pd meminta agenda pesantren kilat harus menjadi wadah pembentukan moral dan karakter postif para remaja. Untuk itu, seharusnya pesantren kilat diwajibkan bagi para siswa dari sekolah tingkat SD/MI sampai SMP/MTs.  "Idealnya memang tiap sekolah mewajibkan anak didiknya ikut pesantren kilat (Peski). Peski kan biasanya ada di bulan puasa. Jadi menurut saya efektif untuk para siswa dalam mengisi kegiatan keagamaan dibulan suci ini," ujar M.Nur, Jumat (10/5/2019).

Menurutnya, selain menambah kegiatan yang bersifat religi, agenda peski juga sangat mendukung untuk pengayaan wawasan agama bagi para remaja. Didalamnya bisa dipelajari berbagai macam kelimuan. Tentunya ilmu agama sebagai pondasi dasar ketaqwaan seseorang.  "Makanya begitu banyak tempat di berbagai nagari yang menggelar peski kami sangat mendukung sekali. Bahkan kami ingin ke depan peski juga diselenggarakan disetiap nagari," katanya lagi.

M.Nur, S.Pd menambahkan, pendidikan keagamaan, saat ini memang harus menjadi prioritas utama. Diakuinya, kemajuan jaman ditambah kemajuan teknologi jika tidak diimbangi ilmu agama akan berdampak buruk bagi moral remaja dan anak-anak. Ia mengatakan, perlu wadah-wadah yang menyampaikan ilmu keagamaan baik yang formal maupun non formal.

Jadwal Pesantren Kilat (PesKi) tingkat SD/MI : 10 s/d 12 Mei 2019, tingkat SMP/MTs : 13 s/d 15 Mei 2019 dan waktu pelaksanaanya pukul 07:00 WIB s/d Selesai dan  Materi pelajaran dihari pertama tentang tauhid hari kedua ibadah sedangkan dihari ketiga tentang akhlak, imbuh beliau.

Adanya pesantren kilat, bisa diberdayakan untuk membendung kegiatan-kegiatan negatif yang biasanya dilakukan remaja diluar aktivitas sekolah. (Ricky Saputra, S. TP)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Nagari

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Lintas Lubuk Alung - Pariaman Km. 10 Padang Pariaman
Nagari : Pauah Kamba
Kecamatan : Nan Sabaris
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25571
Telepon : 087751800630
Email : nagaripauhkambar01@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:602
    Kemarin:280
    Total Pengunjung:233.712
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan